Logo DJI SAM SOE
Logo produk
DJI SAM SOE, seperti pada Gambar.1, telah ada sejak seratus tahun lebih yang
lalu dan tetap eksis sampai saat ini.
Logo DJI SAM SOE dengan latar belakang warna hitam (Gambar. 2)
Komposisi Logo
1. Bintang Sembilan (Gambar. 3): adalah bintang bewarna putih yang memiliki sudut sembilan (9) buah dan bergaris tepi warna merah, dan pada logo
terdapat sembilan buah bintang.
2. Setengah Lingkaran (Gambar. 4): adalah suatu kurva yang
berbentuk busur atau setengah lingkaran dan berwarna putih.
3.Teks :
“ 234 “, berwarna
merah
“ DJI SAM SOE “, dengan warna teks putih
“ FATSAL – 5 “, dengan
warna teks putih.
Makna
Logo DJI SAM SOE
Angka “234” sebenarnya merupakan salah satu nomor racikan dari berbagai macam racikan produk, akan tetapi dalam
hal ini sengaja dipilih nomor tersebut karena nomor atau angka “234” sekaligus mengandung suatu filosofi. Dimana kalau masing-masing angka “234”
dijumlahkan akan menghasilkan suatu angka
baik,
yaitu akan menjadi Sembilan (
2+3+4= 9). Angka “9 “ merupakan
angka dengan urutan tertinggi /terbaik,
sehingga jumlah bintangpun ada sembilan juga. Ini diartikan sebagai simbol dari sesuatu yang tertinggi dan
terbaik.
Teks “ DJI SAM SOE “ adalah ejaan dalam bahasa Hokian, yang mana dalam bahasa Indonesia atau huruf Latinnya
merupakan angka Dua (2) Tiga (3) Empat
( 4).
Teks “ FATSAL – 5 “, artinya
racikan versi ke-5.
Pada kemasan produk terdapat gambar berwarna merah yang letaknya dibawah posisi logo yang juga mengandung
arti penting dalam melengkapi pesan yang ingin disampaikan pihak perusahaan,
yaitu berupa huruf Tionghoa “Ong” berwarna merah (Gambar.5) dimana Ong artinya Raja .
Huruf “Ong” apabila
digabungkan dengan gambar “Setengah Lingkaran”
menyatakan suatu simbol, suatu
simbol yang artinya “Sempurna”.
Sejak
berdirinya perusahaan pada tahun 1913, logo
DJI SAM SOE tetap tidak berubah dan
terus dipergunakan sampai sekarang. Akan
tetapi dengan akan munculnya varian produk baru yaitu DJI SAM SOE SUPER PREMIUM
dan MAGNUM , maka menjadi suatu
keharusan untuk menentukan logo baru pada produk barunya tersebut dan pada periode inilah terjadi modifikasi pada
logo dasar
DJI SAM SOE.
Dari awalnya (Gambar. 6) berkembang menjadi (Gambar. 7).
Selain gambar logo yang mengalami perubahan juga terjadi
pergantian pada tag
line, saat ini yang dipergunakan “SUPER
PREMIUM” tetapi sebelumnya adalah “REFILL”
. Lainnya adalah penghilangan teks “FATSAL -5”.
Yang dimaksud dengan logo dasar DJI SAM SOE adalah (Gambar. 8):
Pada
gambar logo DJI SAM SOE tersebut,
komposisinya tidak berubah sejak
perusahaan berdiri; yaitu terdiri dari gambar
bintang sembilan sebanyak 9 buah, gambar setengah lingkaran, serta teks 234 dan
dji sam soe, selalu tampil pada
produk-produk barunya. Dalam hal
ini hanya terjadi pergantian warna saja, seperti dapat dilihat pada produk yang
bermerek “MAGNUM” dengan logo berwarna
putih- keperakan (Gambar. 9)
Ada
pelajaran penting yang dapat diambil dari sejarah perjalanan evolusi logo DJI
SAM SOE ini. Pertama adalah masalah
prinsip, yaitu mengenai penentuan warna teks maupun ikon/gambar yang dipilih.
Logo yang mengandung gambar ataupun teks, sebagian atau menyeluruh, berwarna
putih akan menyulitkan dalam hal penempatan logo di media yang berlatar
belakang warna putih. Seperti dapat
dilihat pada Gambar. 1 yang kemudian ditempatkan ke media berwarna hitam
(Gambar. 2), akan menjadi hilang gambar sebagian, jika ditempatkan ke
latar belakang yang berwarna putih. Jadi idealnya suatu logo akan sempurna jika
logo tersebut terlihat jelas dan lengkap/menyeluruh dimanapun ia ditempatkan, baik itu berlatar
belakang hitam maupun putih. Masalah penentuan simbol yang akan dipakaipun
sangat penting demi efektifitas pesan yang ingin disampaikan, demikian pula
halnya dengan tag line yang berisi brand insight ataupun brand essence yang harus meyakinkan dan sesuai dengan
kualifikasi produk/perusahaan.
Sumber: Video
Sejarah DJI SAM SOE, Briefing JEJAK
MAHAKARYA 2016, Jakarta, 7 Agustus 2016.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar