Rabu, 07 September 2016

Hanson Logo



Kata "Hanson" adalah sebuah nama orang yang banyak digunakan sebagai nama teks pada logo yang berlabel "HANSON". Ada sekitar 200-an jumlah logo yang berlabel "HANSON",  mulai dari perusahaan yang berkategori manufaktur sampai dengan perusahaan jasa serta yayasan sosial, dan lagi banyak juga perseorangan yang menggunakannya sebagai logo untuk aktivitas maupun usahanya, seperti artis musisi dan para atlet olahragawan. Penyebaran geografis perusahaan dan perseorangan yang menggunakan logo "HANSON" sangat mengglobal sifatnya, terbanyak berdomisili di negara-negara benua Eropa dan Amerika, meskipun ada juga yang di negara Australia dan New Zealand, termasuk di Indonesia.

Berikut kami sajikan bentuk visual dari logo-logo berlabel "HANSON"

 


Sekali lagi "Hanson" adalah hanya sebuah nama bukan sebuah " tanda- komersial". Oleh karenanya teks tersebut harus dilengkapi dengan "tanda-tanda" yang berfungsi sebagai simbol yang komersial.
Penentuan logo bagi suatu usaha ataupun aktivitas sosial amatlah sangat penting bagi mereka yang harus mengembangkan usaha atau aktivitasnya di lingkungan persaingan usaha. Logo dalam hal ini berfungsi sebagai identitas merek yang sekaligus juga mencerminkan identitas perusahaan ( branding identity) harus memberikan informasi tentang: 
1.Jenis usaha/aktivitas (brand insight)
2.Esensi dari usaha yang dibangun/produk yang dihasilkan (brand essence)
Dari tayangan video diatas dapat diambil dua contoh logo yang mengandung kedua konsep tersebut, yaitu:

"HansonHomes" adalah suatu logo perusahaan konstruksi yang didesain oleh firma "logopeople" (http://www.logopeople.in/up/logo-design-noida.html#). Logo ini memvisualisasikan kegiatan perusahaan dengan gambar bentuk rumah pada huruf H pada teks "Homes" (mengisaratkan kegiatan konstruksi) sekaligus memberi esensi dari produk berupa teks "Homes" yang memberi pengertian akan arti kata "home" (rumah) yang berarti menciptakan suasana nyaman dan tenang serta kekeluargaan atau kehidupan pribadi,  apalagi dengan pemilihan warna hijau sangat tepat demi tujuan mendapatkan citra ketenangan. Dengan demikian brand  ini bukanlah maksudnya untuk menciptakan atau mengerjakan segala jenis bentuk bangunan konstruksi.



"HANSON ROBOTICS" adalah suatu perusahaan yang menciptakan suatu perangkat kecerdasan buatan (Robot).http://www.hansonrobotics.com/
Produknya sudah jelas berupa robot-robot yang diambil dari teks "ROBOTICS" dan dengan gambar dua pilar (perangkat keras) yang saling terhubung, yang juga melambangkan huhuf H untuk teks "HANSON".
Secara grafis, konsep logo yang telah dirumuskan ( dalam arti mengandung makna "brand insight" dan  "brand essence" harus dapat divisualisasikan sedemikian rupa uniknya ( karena logo akan berfungsi sebagai identitas) sehingga tampak : sederhana, mudah diingat, selain tentunya juga harus rapi/apik, menarik, dan jernih.











Tidak ada komentar: